Minggu, 18 September 2016

KOMPLEKS MAKAM BATALIUNG



Komplek makam Bataliung adalah salah satu kompleks pemakaman raja-raja Binamu, berada di Kec. Bontoramba Kelurahan Bontoramba Lingkungan Bontoramba. Makam ini masuk dalam daftar situs yang dilindungi oleh BP3 Sulsel. Areal kompleks makam terlihat ditata dengan baik bahkan dibuatkan taman dan tempat istirahat bagi pengunjung.  Sebuah rumah panggung juga telah dibangun sebagai sarana menyimpan artefak dan dokumentasi.
Jirat dan nisan yang lepas konteks disimpan dikolong rumah, sekeliling situs dipagari dengan kawat duri. Jumlah makam dalam kompleks ini adalah 639 buah menempati areal seluas 23.127 meter persegi.
Ukiran yang dapat diidentifikasi dipahatkan pada jirat adalah ukuran singa, ular, burung, manusia, bunga-bungaan, sulur-suluran, kaligrafi, kuda dan motif geometris. dalam tinjaun fungsional, semua motif hiasan tersebut tentunya memiliki hubungan dengan konsep kematian.

1 komentar:

  1. Buy T-Shirt #42: Medical Grade Titanium Earrings - T-Shirt
    Check out ford edge titanium the latest T-Shirt keith titanium #42: Medical titanium dog teeth implants Grade Titanium Earrings at T-Shirt #42 for croc titanium flat iron the ultimate quality T-Shirt. everquest titanium

    BalasHapus